Di tangan kreatif para pemuda itulah, rebung diolah menjadi makanan dan cemilan khas Desa Banyumeneng. Ketua Karang Taruna Malwapati, Bur...

OREMA

Di tangan kreatif para pemuda itulah, rebung diolah menjadi makanan dan cemilan khas Desa Banyumeneng. Ketua Karang Taruna Malwapati, Burhanuddin menuturkan, jika ide tersebut muncul lantaran stok rebung melimpah ruah, selalu ada dan tidak terpengaruh oleh musim. Oleh masyarakat hanya dijual ke pasaran untuk dijadikan lauk makanan saja.
Melihat kondisi itu, maka sejak 4 tahun lalu, Karang Taruna Malwapati mencoba menciptakan sebuah inovasi yaitu dengan mengkreasikan rebung menjadi makanan yang khas nan lezat.
Dengan adanya inovasi itu, dikatakan, peluang usaha di desa tersebut terus mengalami peningkatan. Sebab, mayoritas penduduk setempat berprofesi sebagai petani karena letak desa tersebut berada di kawasan pegunungan. Diperkuat dengan keterlibatan masyarakat dalam berbagi tugas dengan Karang Taruna adalah salah satu contohnya. “Kini pengolahan dilakukan oleh sebagian masyarakat. Sedangkan pemasarannya masih kami yang pegang, karena ada yang dijual langsung ke pasar maupun lewat online,” katanya.
Aneka olahan rebung oleh Malwapati ini sudah variatif. Terdiri atas berbagai macam olahan, yaitu Kerupuk Rebung, Bakso Rebung, Lumpia, hingga Puding Rebung yang dikemas dengan Brand OREMA, yaitu kepajangan dari Olahan Rebung Karang Taruna Malwapati.

https://radarsemarang.com/2017/05/05/olah-rebung-jadi-kuliner-khas-desa/
OREMA (Olahan Rebung Karang Taruna Malwapati) Desa Banyumeneng Kecamatan Mranggen :
1). Bakso Rebung
2). Kerupuk Rebung
3). Pastel Rebung
4). Puding Rebung
5). Lumpia
6). Siomay Rebung
Terima pesanan
Hubungi :
Mas Adie Ryan 0821-3750-6669
Mas Ali Muqoddas 0823-2707-9971
Mas Burhanuddin Plik Kecamatan Mranggen 0821-3567-4502